Laman

Rabu, 04 November 2015

Keunggulan dan Perkembangan Ilmu keperawatan

KEUNGGULAN ILMU KEPERAWATAN

Keunggulan perawat adalah perawat yang berperan sebagai Pelaksana, Educator, dan Pengamat. Perawat sebagai Pelaksana artinya memberikanpelayana kesehatan kepada individu, keluarga, kelompok/ masyarakat berupa askep yang komprehensif melipti pemberi asuhan pencegahan. Perawat sebagai educator adalah perawat harus mampu mengajarkan tindakan pendidikan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemulihan dari penyakit. Peran pengamat andalah mengamati perubahan yang terjadi pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang menyangkut masalah kesehatan melalui kunjungan rumah, pertemuan, observasi dan pengumpulan data.



Seorang perawat adalah orang yang merawat dan mengasuh orang lain/ pasien yang mengalami masalah kesehatan. Sebagai seorang perawat diharapkan harus selalu peduli terhadap pasiennya. Oleh karena itu, untuk memberikan asuhan keperawatan, seorang perawat harus mengkaji aspek yang holistik tersebut (bio, psiko, sosio, spiritual, dan cultural).

PERKEMBANGAN ILMU KEPERAWATAN

Menutut saya untuk perkembangan ilmu keperawatan saat ini sangat pesat. Semakin hari semakin tahun perawat sangat di butuh dimana mana terutama di rumah sakit. Rumah sakit saat ini membutuhkan banyak sekali tenaga perawat karena pertambahnya tahun banyak sekali penyakit yang dapat menyerang masyarakat. Dan juga semakin hari materi kuliah juga semakin banyak di karenakan semakin banyak penyakit yang menyerang masyarakat. Maka dari itu mahasiswa dan mahasiswi di tuntut untuk tidak hanya sebagai perawat yang membantu pekerjaan dokter tetapi juga dapat merawat dan mengasuh pasien sampai keadaan pulih kembali. Perkembangan dari program studi ilmu keperawatan ini juga di buktikan dengan telah di didirikannya Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malanag yang bisa menjadi tempat pembelajaran bagi mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang atau biasa di sebut FIKES UMM.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar